Waspadai Sebelum Mengulum Cokelat

Waspada Sebelum Mengulum Cokelat



Lesitin
Lesetin secara kimia adalah fosfolipda yang berperan sebagai pengemulsi yaitu bahan kimia yang membuat campuran air dan minyak bercampur merata dalam jangka waktu lama. Dalam proses pembuatan awalnya lestin dieskstrasi dari kedelai menggunakan pelarut organik, setelah perekstra pelarutnya dihilangkan sehingga diperoleh apa yang disebut dengan ekstrak kasar lesitin. Di masa lalu  lesitin jenis inilah yang digunakan. Akan tetapi untuk memperbaiki sifatnya dibuatlah turunan-turunan lesitin agar diperoleh sifat lesitin agar diperoleh lestin yang lebih baik.
Ada berbagai cara untuk membuat produk turunan lesitin. Yang diragukan kehalalnya diantra proses yang menggunakan enzim fosfolipase A yang berasal dari pankreas babi dan proses ekstraksi yang menggunakan alkohol.
Secara umum status kehalalan lesitin adalah syubhat karenanya ternyata da jenis turunan lesitin yang haram dan dipasarkan dengan menyebutakn lesitin saja, tanpa membedakan yang mana ekstra kasar lesitin dan mana turunan lesitin.

Perisa
Cokelat sendiri sebenarnya salah satu jenis perisa (flavor) yang memberikan cita rasa cokelat. Secara umum status kehalalan perisa adalah syuhubat. Jenis perisa cokelat sintetis ini rawan kehalalanya karena dalam pembuatanya sering terdapat penambahan asam-asam lemak yang bisa diperoleh dari nabati atau hewani (termasuk babi).

Tidak hanya perisa cokelat, perisa lain pun sering dtiambahkan seperti vanilin. Vanilin diperoleh melalui proses ekstraksi menggunakan pelarut campuran alkohol (etanol) dengan air sehingga ekstrak vanilli yang diperoleh masih mengandung alkohol yang relatif tinggi.

Demikan mengani Waspada Sebelum Mengulum Cokelat , semoga bermanfaat, mohon maaf sekian dan terima kasih.
Previous
Next Post »