Pengertian surat
Komunikasi manusia bisa dilakukan
dengan berbagai cara. Selain komunikasi langsung , kita juga mengenal
komunikasi tidak langsung. Salah satu bentuk komunikasi tidak langsung itu
adalah melalui surat.
Dalam menulis surat kita perlu
memperhatikan pilihan kata. Pilihan kata dalam surat harus tepat, agar dapat
menghindari salah pengertian. Demikan pula dalam pemakian kalimat hendaknya,
tidak berbelit-belit sehingga maksud dan tujuan surat dapat dimengerti oleh
pembaca surat.
Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, surat berarti kertas yang bertulis atau secarik kertas sebagai tanda
atau keterangan, sesuatu yang tertulis. Jadi surat adalah alat komunikasi
tertulis yang disampaikan dari satu pihak kepada pihak lain, baik atas nama
pribadi maupun atas nama organisasi perusahaan.
Sebuah surat dibuat dan dikirimkan
dengan maksud agar si penerima surat mengerti maksud si pembuat surat. Oleh sebab
itu agar isi surat sesuai dengan kehendak si pengirim/si pembuat surat, surat
harus memenuhi krteria sebagai berikut:
1. Dibuat dalam bentuk yang menarik,
2. Dibuat dengan bahasa yang mudah dimengerti, tidak bertele-tele
dan mengguanakan bahasa yang baik dan benar,
3. Menghindari penggunaan
kata dan kalimat yang tidak perlu dan yang dapat membingungkan pihak penerima,
4. Langsung kepada pokok permasalahan,
5. Menggunakan bahasa yang sopan dan menarik.
Demikan materi mengenai Pengertian
Surat kurang lebihnya, mohon maaf sekian dan terima kasih.
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon