Pengertian Surat



Pengertian surat
Komunikasi manusia bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain komunikasi langsung , kita juga mengenal komunikasi tidak langsung. Salah satu bentuk komunikasi tidak langsung itu adalah melalui surat.
Dalam menulis surat kita perlu memperhatikan pilihan kata. Pilihan kata dalam surat harus tepat, agar dapat menghindari salah pengertian. Demikan pula dalam pemakian kalimat hendaknya, tidak berbelit-belit sehingga maksud dan tujuan surat dapat dimengerti oleh pembaca surat.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, surat berarti kertas yang bertulis atau secarik kertas sebagai tanda atau keterangan, sesuatu yang tertulis. Jadi surat adalah alat komunikasi tertulis yang disampaikan dari satu pihak kepada pihak lain, baik atas nama pribadi maupun atas nama organisasi perusahaan.
Sebuah surat dibuat dan dikirimkan dengan maksud agar si penerima surat mengerti maksud si pembuat surat. Oleh sebab itu agar isi surat sesuai dengan kehendak si pengirim/si pembuat surat, surat harus memenuhi krteria sebagai berikut:
1.       Dibuat dalam bentuk yang menarik,
2.       Dibuat dengan bahasa yang mudah dimengerti, tidak bertele-tele dan mengguanakan bahasa yang baik dan benar,
3.      Menghindari penggunaan kata dan kalimat yang tidak perlu dan yang dapat membingungkan pihak penerima,
4.       Langsung kepada pokok permasalahan,
5.       Menggunakan bahasa yang sopan dan menarik.

Demikan materi mengenai Pengertian Surat kurang lebihnya, mohon maaf sekian dan terima kasih.



Previous
Next Post »