Mukjizat Gerakan Sholat

 


Dalam salah satu sabdanya, Rasul berkata, “Shalatlah kalian sebagimana kalian melihat aku shalat.”   (HR.Bukhari). Dalam hadis ini terdapat perintah Rasul kepada kaum Muslimin untuk shalat seperti tata cara beliau dlam shalat. Soal perintah Rasul ini, Allah SWT berfirman, “Dia tiada mengucapkan sesuatu sesuai menurut kemauan hawa nafsunya”. Ucapannya itu tiada lain adalah wahyu yang diwahyukan. Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat” (QS. An-Najm: 3-5)
Rasulullah adalah orang yang kita teladani, junjunganya yang memerintah kita semua. Beliau adalah orang yang diajar oleh Jibril yang sangat kuat. Maka kami mendengar dan taat, wahai Rasulullah. Rasul Saw telah mempelajari wudhu dan gerakan-gerakan shalat dari Allah SWT, melalui Jibril As.
Diriwayatkan dari Ibn Ishaq, dia berkata, “Sebagian ahli ilmu menceritakan kepadaku bahwa ketika shalat diwajibkan atas Rasulullah Saw", Jibril mendatangi beliau sedang berada diperbukitan Mekah. Jibril memukul isi lembah dengan tumitnya, sehingga darinya terpancar air mata. Lalu Jibril berwudhu, sedangkan Rasulullah Saw melihatnya, untuk memperlihatkan kepada beliau tata cara bersuci. Lalu Rasulullah berwudhu sebagimna beliau melihat Jibril. Lalu Jibril berdiri bersama beliau dan shalat. Dan Rasulullah Saw pun shalat seperti shalat Jibril. Lalu Jibril As. Pergi. Rasulullah Saw kemudian mendatangi Khadijah dan berwudhu untuk memperlihatkan kepadanya tata cara bersuci untuk shalat, sebagaimna yang ditunjukan kepada beliau oleh Jibril. Lalu Khadijah berwudhu sebagaimana Jibril shalat bersama beliau. Dan Khadijah pun shalat seperti shalat beliau. (HR. Ibn Ishaq dengan sanad yang terputus, dan Hartis ibn Usamah dengan sanad yang tersambung kepada an-Nahri dari Usamah Ibn Zaid).
Dari hadis diatas menjadi jelas bahwa Allah-lah yang telah mengajarkan kepada kita tata cara wudhu, dan bahwa tata cara shalat berasal dari wahyu Allah kepada Rasul-Nya yang mulia. Allah SWT, adalah Pencipta manusia. Dan dia jugalah yang telah memerintahkan kita untuk shalat dengan tata cara ini. Maka wajib atas kita untuk mengetahui bahwa Allah memiliki tujuan-tujuan dalam gerakan-gerakan dengan tata cara yang demikian ini, dan bahwa gerakan-gerakan tersebut adalah sarana terbaik untuk menjaga tubuh manusia, sebagaimana yang akan kita jelaskan bedasrkan apa yang telah di anugrahkan Allah kepada kita untuk mengetahuinya.
Kita akan berbicara tentang gerakan-gerakan shalat sebagimana yang diwahyukan Allah SWT, dan sebagaimana yang di depskripsikan oleh para sahabat Rasulullah. Yang demikian itu adalah untuk menjelaskan mukjizat gerakan-gerakan ini dari sisi anatomis bagi tubuh manusia, dan sejauh mana pengaruh gerakan-gerakan ini dalam memperbaiki keruskan-kerusakan dan kelainan-kelainan struktur tubuh.
Kita memohon kepada Allah agar menganugrahi kita taufik, memberi kita manfaat dengan apa yang kita ucapkan, menjahukan kita dari kesalahan-kesalahan pemikiran dan ketergelinciran-ketergelinciran pena, menunjukan kita kepada jalan yang lurus, dan menjadikan amal ini ikhlas untuk mencapai rida-Nya.
Demikan mengenai Mukjizat Gerakan Shalat. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.


Previous
Next Post »