Dahsyatnya Manfaat Shalat Bagi Kesehatan


Ibadah shalat tidak sekadar perintah dan kewajiban yang harus kita laksanakan. Shalat juga dapat menjadi obat penyembuhan bagi mental dan fisik kita. Bahkan, yang sehat kita laksanakan. Shalat juga menjadi obat penyembuh pun menjadi kian sehat (menyehatkan). Jadi shalat dalam banyak hal menjadi penolong.
Kata Allah SWT, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu". (Qs. Al-Baqarah (2): 45). Ini jelas janji Allah yang tentu tak akan pernah diingkari bagi-Nya.
Shalat mengandung keutamaan yang sangat besar dalam menghibur kesediahan jiwa, membahagiakan hati, dan menguatkannya, serta melapangkan dada karena didalamnya terbentuk hubungan kalbu dengan Allah SWT. Shalat juga merupakan amalan terbaik, sebagimana sabda Nabi Saw, yang diriwayatkan oleh Ahmad, Ibnu Majah, dan Hakim dari Tsauban ra: “Beramallah sesungguhnya sebaik-baiknya amal perbuatan adalah shalat"
Berdiri dihadapan Allah SWT dengan laku shalat menurut rahasia besar dalam mendatangkan kesehatan. Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan seungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamanya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Alah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Qs. Al-‘Ankabut(29):45).
Shalat adalah obat yang jelas dan pasti bagi jiwa orang yang mengamalkanya. Konon, ketika bersedih karena suatu masalah, Nabi Saw, segera melaksanakan shalat. Shalat juga merupakan terapi pengobatan yang efektif bagi fisik (tubuh). Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dengan sanad yang lemah, dari Abu Hurairah ra, ia berkata: “Rasulullah Saw, melihatku ketika aku sedang tidur sambil mengaduh sakit perut. Beliau langsung berkata kepadaku, “Hai Abu Hurairah, kamu pasti sakit perut?” Aku jawab, “Benar, wahai Rasulullah.” Beliau menukas, “Berdiri dan shalatlah, sesungguhnya shalat adalah obat penyembuh”
Shalat aktivitas biologis yang mengoptimalkan pelaksanaan fungsi-fungsi rohani dan jasmani manusia. Rasulullah Saw, sesungguhnya sebagimana yang diriwayatkan Ahmad bersabda: “Perumpamaan shalat lima waktu seperti sungai yang mengalir jernih di depan rumah salah seorang dari kalian. Ia pun mandi di sungai tersebut sebanyak lima kali dalam sehari, sehingga tidak ada lagi kotoran yang tersisa.”
Shalat benar-benar merupakan  luminous prototype yang menegaskan keagungan metode qurani agama ini.

Demikan mengani Dahsyatnya Manfaat Shalat Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf sekian dan terima kasih.
Previous
Next Post »