Tanah Suci

Gelombang jamaah haji tak pernah surut mendatangi Tanah suci. Ritual yang telah berjalan selama ribuan tahun ini seolah menjadi magnet bagi setiap muslim yang turut melaksanakanya paling tidak sekali seumur hidup. Ditanah kelahiran Nabi Muhammad saw ini juga tersimpan tanda-tanda kekuasaan Allah, menjadi nikmat bagi para jamaah sekaligus hikmah bagi orang-orang yang berakal.

>> Sumur Zamzam
“Sebaik-baiknya air dipermukaan bumi ini ialah air zamzam, padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit.” Begitu istimewanya Rasulullah saw mendeskripskanya air zamzam yang tak pernah kering sejak pertama dihentak kaki kecil ismail.





Bayangkan jutaan jamaah tak henti meminum zamzam sepanjang tahun, bahkan tak sedikit membawa liter-liter air zamzam ke negaranya tapi sumur itu terus memancar dari sumur ditengah tanah Mekkah yang tandus.

Air zamzam mengandung mineral lebih banyak dari pada air mineral manapun yakini 2000mg per liter. Ia juga sangat alami dan murni, bebas dari mikroorganisme patogen. Air zamzam adalah air terbaik dipermukaan bumi ini.

>> Jabal Magnet
Diantara gunung-gunung bersejarah seperti Jabal Uhud, Jabal Trsur, dan Jabal Rahmah, ada satu tempat lagi yang terpopuler ebagai tujuan wisata yakini, Manthiqa Baidha atau dikenal dengan Jabal Magnet.
Terletak 60 km dari kota Madinah, Jabal Magnet menjadi daya tarik bagi jamaah haji atau umrah yang ingin menyaksikan tanda kekuasaan Allah.
Banyak pendapat yang melingkupi fenomena alam Jabal Magnet ini. Ada yang mengatakan dikwasaan ini memang terdapat medan magnet yang sangat besar sehingga seolah menarik kendaraan untuk tetap melaju walau melawati tanjakan.
Pendapat lain mengatakan bentang alam di Jabal Magnet menghasilkan ilusi optik yang membuat turunan tampak seperti jalanan menanjak.





 >> Batu Kerikil Muzdalifah
Setiap tahunya jutaan Muslim dari berbagai belahan dunia bermalam di Muzdalifah sembari mengumpulkan batu kerikil yang terserak dilembah Mina dan Arafah itu. Setiap jamaah harus mengumpulkan setidaknya lima samapai tujuh batu untuk Jumrah Aqabah saja. Belum lagi untuk tiga tempat jamarat pada setiap hari-hari berikutnya. Dan itu te;ah berlangsung selama ribuan tahun sejak zaman Rasulullah sw. Mungkin miliyaran kerikil di Muzdahlifah telah diambil oleh jamaah dari tahun ke tahun tapi uniknya, sampai kini batu kerikil itu tidak pernah habis.

                                                                   


>> Kurma Ajwa

 



 Kurma favorit Rasulullah saw ini sungguh istimewa. Ia terbilang paling mahal harganya dbanding jenis kurma lainya mencapai, Rp.400.000/kg. Rasulullah menganjurkan untuk makan tujuh butir kurma ajwa di pagi hari dan saat berbuka puasa.
Penelitian mutahkir dibidang kesehatan juga banyak yang membuktikan khasiat luar biasa kurma ajwa untuk kesehatan. Kurma ini banyak mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan gula alaminya baik untuk dikomsumsi penderita diabetes. Selain itu kurma istimewa ini juga mengandung vitamin A, kalsium, dan zat besi yang tinggi sehingga ssangat dianjurkan sbagai sumber energi yang cepat diserap tubuh.


>> Mecca Mean Time
Diresmikan pada tahn 2012, menara jam rakasa Mekkah yang menjulang disebalah Masjidil Haram menjadi simbol kebangga baru bagi umat Muslim.
Menara jam yang sekarang tertinggi di dunia ini dibangun bedasarkan hasil konfersi bertajuk “Mecca: The Center of the Earth Theory and Pracitce” yang berlangsung di Doha, Qatar, diresmikan oleh Dr.Yusuf Qardhawi. Dalam konferensi yang juga dihadiri para pengkaji ilmiah itu disebutkan bahwa Mekkah adalah titik pusat bumi.
Karenanya ia patut dirujuk sebagai titik awal hitungan waktu, menggantikan Greenwich Mean Time (GMT) yang selama ini digunakan sebagai waktu rujukan dunia.


Demikian mengenai Tanah Suci , selamat menjalnkan ibadah haji , semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.
Previous
Next Post »