Tari Kreasi Modern Break Dance




Salah satu bentuk tari kreasi modren nonetnik di nusantara ini adalah breakdance yang sering disatukan dengan elekticboogie atau pantomic dance (istilah penulis) atas pertimbangan tinggi kesulitan, kita hanya akan mempelajari pantomic dance.
Pakaian yang dikenakan seperti pakaian senam untuk memudahkan  dalam melakukan gerakan. Lantai yang digunakan harus rata dan agak licin. Gunakan tepung kaji jika perlu. Tarian ini menuntut kekuatan dan fleksibilitas, jadi anda harus benar-benar memiliki persiapan yang mantap dengan banyak latihan yang selalu diawali dengan pemansan dan pengenduran.
Ciri tari kreasi modren dance, yaitu sebagai berikut:
1.       Modren dance mempunyai bentuk mengekspresikan artistik yang bersifat individual.
2.       Awal tari modren, karena adanya penolakan terhadap bentuk yang formal seperti pada tari balet.
3.       Lebih menekankan pada ekspresi artistik dari pertunjukanya atau penampilan individual.
4.       Selain itu menghindari pada penekanan teknik.
Image result for tari balet kontemporer         Image result for tari balet kontemporer




Berikut ini adalah latihan persiapan agar tubuh lebih lentur dan berfungsi dengan baik, setiap gerakan dilakukan beberapa kali.
1.       Persiapan pemansan
A.      Persendian leher
Berdiri tegak. Tundukan kepala. Secara perlahan gulir ke kiri(tunduk depan, kiri, belakang, dan kanan) hingga kembali ke depan. Lakukan arah sebaliknya.
B.      Persendian bahu
Secara perlahan angkat bahu ke atas, putar ke kedepan, bawah, belakang, hingga kembali keatas. Lakukan arah sebaliknya.
C.      Tulang belakang
Bediri dengan kaki agak renggang, lutut agak ditekuk sehingga sebagaian badan disangga oleh kaki. Dada dibungukskan kedepan hingga tulang belakang tengah melengkung ke dalam, dada di tarik ke belakang sehingga tulang belakang ke atas melengkung ke luar. Otot perut ditegangkan, pernapasan dada tetap teratur.
D.      Otot samping  1
Posisi berdiri tetap. Kedua tangan diletakan di pinggul, miringkan badan keatas kiri, lalu ke kanan, rasakan otot samping yang menegang dan mengendur.
E.       Otot badan
Posisi badan berdiri tetap. Ujung jemari tangan di letekan dibahu. Putar badan atas serong kiri, lalu ke kanan.
F.       Sendi/otot pinggul dan lutut
Tegak, kedua kaki renggang, lutut agak ditekuk, putar pinggul (ke kiri, belakang, kanan, dan depan) kemudian lakukan kearah sebaliknya.
G.     Tulang belakang dan perut
Kedua kaki renggang, lutut lurus. Perlahan turunkan badan ke atas ke depan, tangan tergantunghampir menyentuh lantai, rasakan ketegangan pada punggung dan kaki. Kembali tegak. Turunkan badan atas ke belakang, lutut agak ditekuk, rasakan ketegangaan pada kaki, perut, dan tulang belakang.
H.      Otot samping 2
Posisi bediri tetap. Tangan kanan di pinggul membantu mendorong badan ke kiri sambil meluruskan tangan kiri ke atas. Badan lurus kembali, tangan kiri agak diturunkan. Lakukan lagi seperti tadi, berganti dengan tangan kiri dipinggul, badan didorong ke kanan, tangan kanan lurus ke atas, dikendurkan lagi dan seterusnya.
I.        Otot kaki 1
Berdiri kedua kaki renggang. Badan (sebatas pinggul) diturunkan, lutut agak ditekuk, tangan menyentuh lantai. Lutut diluruskan sambil mengangkat badan dengan kekuatan pinggul, rasakan tarikan pada otot kaki.
J.        Otot kaki 2
Duduk dengan kedua kaki terbuka. Tekuk kaki kanan hingga tumitnya berada pada paha kiri. Pegang pergelangan kaki kiri dengan tangan kanan. Perlahan tarik badan hingga melewati kaki kanan. Lakukan lagi dengan mengganti posisi kaki.
K.      Pengenduran
Rebahkan badan terlentang, rentangkan seluruh anggota badan (menggeliat), lalu kendurkan kembali. Lakukan hingga tubuh serasa nyaman.

Gerakan tarian ini terikat oleh hitungan, penomoran hanya menentukan urutan gerak. Konsepnya adalah memanipulasi penglihatan dengan gerakan yang bukan sesungguhya dilakukan. Gerakan berlangsung dan berganti menurut perasan si penari, tetapi selaras dengan irama.

demikan pembahasan Tari Kreasi Modren Break Dance kurang lebihnya mohon maaf, dan sekian terima kasih.


Previous
Next Post »