Penyebab Polusi Udara


Udara pada lingkungan tercemar oleh zat-zat polutan sehingga tidak bersih lagi dan merupakan gangguan bagi mahluk hidup/manusia sekitarnya. Dengan kemajuan tekologi masa kini, polusi udara telah menimbulkan banyak kehawatriran terutama di daerah industri.

Penyebab polusi udara dapat terjadi akibat dari yaitu:
1. Kendaraan Bermotor
Semua kendaraan bermotor yang memakai bensin atau solar akan mengeluarkan gas CO, Nitrogen Oksida, blereng dioksida dan partikel-partikel lainya, dn sisa pembakarannya. Unsur-unsur ini bila mencapai kuantum tertentu dapat merupakan racun bagi manusia atau hewan. sebagai contoh gas CO merupakan racun bagi fungsi-fungsi darah, SO2 dapat menimbulkan penyakit sistem pernapasaan.
2. Pabrik-Pabrik Industri
Bagi pabrik industri yang diantara bahan bakunya banyak menggunakan zat-zat kimia organik maupun anorganik. sebagai hasil pengelolaannya selain menghasilkan produk-produk yang berguna bagi kehidupan manusia, juga dikeluarkan bagi produk-produk yang tidak berguna malah dapat berupa racun.
Berbagai bentuk penyakit akan timbul bagi masyarakat di sekitar pabrik atau pada pekerja sendiri akibat masunya zat-zat buagan ini ke dalam tubuh. misalnya dengan timbulnya penyakit yang disebabakan oleh berbagai penimbulan debu-debu dalam paru-paru.
Untuk menentukan apakah orang tersebut terserang penyakit paru-paru akibat penimbunan debu dalam paru-paru, tidak mudah kalau hanya bedasarkan kelainan-kelainan yang terjadi pada tubuh. harus ada riwayat pekerjaan atau lingkungan tinggal yang selalu merka gunakan atau sering berurusan dengan debu.
Kelainan yang terjadi pada tubuh bergantung pada banyak nya debu yang tinggal dalam paru-paru, makin luas bagian paru-paru yang terkena maka makin hebatlah gejala-gelajanya, walaupun hal itu tidak selalu benar . Gejala yang timbul antara lain: Batuk kering, sesak napas, kelelahan umum, berat badan yang turun, banyak berdahak dan lain-lain.
Dengan demikian pencegahan merupakan hal yang perlu diutamakan. Biaya penceghan tidak relatif seberapa bila dibanding dengan akibat penyakit ini.

Demikian mengani Penyebab Polusi Udara. Selama belajar, semoga bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf, sekian dan terima kasih.
Previous
Next Post »