Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia


Apakah fungsi dan peran sumber daya alam bagi kehidupan? Kita akan membahas dari sumbeta ini.

      Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati
Sumber daya hayati adalah semua mahluk hidup yang ada dibumi, seperti: hewan, tumbuhan dan mikroba. Sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan disebut sumber daya alam nabati, sedangkan sumber daya alam dari hewan disebut sumber daya alam hewani.
1)      Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Nabati Bagi Kehidupan
Sebagian besar sumber daya alam nabati di indonesia berfungsi ebagai tanaman budidaya pangan, sandang, bahan kayu dan olahan obat-obatan.

Fungsi dan Peran Air Bagi Kehidupan Manusia
Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari mahluk hidup di dunia ini tidak dapat dipisahkan adalah Air.  Manusia mungkin dapat hidup beberapa hari akan tetapi tidak akan bertahan selama beberapa hari. Jika tidak minum karena sudah mutlak bahwa sebagain besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air.
Berikut ini air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dengan segala macam kegiatanya , antara lain di gunakan untuk:
- Keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainya.
- Keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, penagkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekerasi, dan lain-lainya.
- Keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
- Keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel dan restoran lainya.
- Keperluan pertanian dan perternakan
- Keperluan pelayaran dan lain sebagainya.
Oleh karena itulah air sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan manusia. Pentingnya kita harus melestarikan dan menjaga air dilingkungan sekitar, dengan melakukan pengelolaan yang baik dengan menghemat, tidak membuang sampah dan limbah dapat membuat pencemaraan air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada.


Demikian mengenai Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia. Selamat belajar, semoga bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf, sekian dan terima kasih.
Previous
Next Post »